Tahun Ini Akan Jadi yang Terakhir Petani Ketela di Pati Dapat Pupuk Subsidi

Pati, Mitrapost.com – Sasaran komoditas prioritas penyaluran pupuk subsidi di Kabupaten Pati tahun ini dikurangi, dari 15 komoditas menjadi 9 komoditas saja. Kebijakan paling terasa akan berdampak kepada petani ketela pohon di Bumi Mina Tani.

Kepala Seksi Pupuk dan Pestisida Kantor Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Aldoni Nurdiansyah mengatakan lahan ketela pohon di Pati kurang lebih sekitar 15 hektar dan mayoritas para petaninya ketergantungan dengan pupuk kimia.

“Kemungkinan petani yang diluar 9 komoditas ini akan bertanya, kok saya tidak dapat pupuk subsidi karena kebijakan dari pusat. Tapi ini instruksi dari pemerintah atau Pak Jokowi dan kami baru mendapatkan arahan kemarin,” ujar Doni saat diwawancarai Mitrapost.com di kantornya.

Baca Juga :   Pemerintah Perlu Memperketat Penyaluran Pupuk Bersubsidi

Doni menerangkan, kebijakan pengurangan komoditas prioritas tersebut hadir setelah diterbitkannya Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 10 Tahun 2022. Dibarengkan dengan kebijakan membatasi penyaluran pupuk subsidi dari awalnya 5 jenis menjadi 2 jenis saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati