Vaksin Covid-19 Masih Ampuh Melawan Varian Omicron Centaurus

Pati, Mitrapost.com – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Pati, Joko Leksono mengungkapkan bahwa vaksin booster masih bisa menanggulangi penularan varian Omicron Centaurus.

“Booster bukan untuk varian baru saja. Tapi untuk Covid secara umum. Dengan vaksin Pfizer dan Astrazeneca masih efektif untuk apapun jenis varian baru. Masih signifikan,” hal itu diungkapkannya Joko saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Sabtu (23/7/2022).

Diberitakan sebelumnya, Indonesia digegerkan dengan temuan turunan dari varian Omicron terbaru, BA.2.75 atau disebut dengan Centaurus. Varian ini konon lebih menular dan mampu menginfeksi seseorang dengan cara menurunkan respons antibodi.

Centaurus diperkirakan juga bisa menyebar lebih cepat dari varian Omicron terdahulu yaitu BA.5 dan BA.2. Bahkan digadang-gadang mampu menembus antibodi yang dibentuk oleh vaksin Covid-19.

Baca Juga :   Pemerintah Perlu Memperketat Penyaluran Pupuk Bersubsidi

Joko Leksono menegaskan, hingga saat ini penelitian terhadap varian Omicron Centaurus masih dilakukan dan belum ada bukti medis yang menyatakan bahwa penerobosan antibodi itu bisa terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati