Kabupaten Rembang Ternyata Sudah Eksis sejak 2000 Sebelum Masehi

Rembang, Mitrapost.com – Kabupaten Rembang ternyata sudah ada sejak 2000 Sebelum Masehi (SM). Hal ini berdasarkan peninggalan situs kuno yang ada di Kabupaten Rembang.

Menurut, Penulis buku dan pemerhati sejarah Rembang Exsan Ali Setyo Nugroho mengutarakan Rembang merupakan kota bersejarah dengan peninggalan situs kuno di kota Rembang.

“Rembang ini sebenarnya kota yang sarat sejarah banyak situs situs sejarah yang ditemukan di kota rembang,” ungkap Exsan saat ditemui Mitrapost.com Senin, (25/7/2022).

Dia menyampaikan Kabupaten Rembang ini disebutkan dalam kitab Negarakertagama karangan Empu Prapanca, sebuah dokumen yang merupakan sumber primer Kerajaan Majapahit yang dikarang sekitar abad 14 Masehi.

Lebih lanjut dari sekian banyak situs yang ditemukan membuktikan bahwa eksistensi Rembang sebagai sebuah Kabupaten sudah ada sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Hal ini dibuktikan salah satunya oleh Situs Prau Kuno yang diuji karbon menyatakan bahwa kapal pada situs tersebut dibuat sekitar tahun 620-720 Masehi.