Ribuan Warga Pasucen Meriahkan Haul Syekh Wiro Padi

Pati, Mitrapost.com – Warga Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil, Pati kembali menyelenggarakan acara Haul akbar Syekh Wiro Padi. Berbagai acara digelar untuk memeriahkan peringatan kematian wali atau tokoh agama terkemuka desa Pasucen itu.

Syekh Wiro Padi sendiri dikenal warga setempat sebagai pembabat atau pendiri Desa Pasucen, tokoh penyebar agama Islam, dan pahlawan kemerdekaan.

Muhammad Suyuti ketua panitia haul menceritakan, Syekh Wiro Padi awalnya merupakan pengembara asal Kota Tuban, Jawa Timur. Hijrah ke Kabupaten Pati lantaran dikejar penjajah saat melakukan perlawanan.

“Mbah Syekh Wiro Padi itu yang babat Desa Pasucen asal dari Tuban, penyebar Islam di desa Pasucen. Memang tidak tercantum ini haul ke berapa. Tapi perayaan haulnya seingat kami sudah dimulai sejak tahun 1965-an,” ujarnya, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga :   Isu RS Manipulasi Data Jenazah Pasien Covid, Bupati Pati: Tak Ada di Kabupaten Pati

Perayaan haul berlangsung meriah, dengan diterjunkan berbagai elemen masyarakat mulai dari pemerintah desa, takmir masjid, hingga lembaga yayasan pendidikan madrasah yang berada di Desa setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati