oleh

Fasilitasi Pendaftar Pemilu 2024, KPU Pati Sediakan Helpdesk

Pati, Mitrapost.com – Seiring berjalanya tahapan pendaftaran Pemilu partai politik dan peserta Pemilu serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati memberikan layanan bantuan (helpdesk) untuk para pendaftar.

Supriyanto selaku Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pati mengatakan, helpdesk ditetapkan dengan keputusan yang ditandatangani Ketua KPU Kabupaten Pati sejak 28 Juli 2022.

Masa kerja tim helpdesk akan berakhir sampai penetapan Parpol peserta Pemilu tanggal 14 Desember 2022. Pelayanan helpdesk dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Diterangkannya, ada dua tugas utama petugas helpdesk berdasarkan Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 574/PL.01-SD/05/2022.

Diantaranya, memberikan fasilitas konsultasi hal-hal pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu kepada Parpol calon peserta Pemilu.

Baca Juga :   Pemerintah Dorong Pendidik Dapat Perlindungan BPJS

Tugas yang kedua yaitu melayani konsultasi dan memfasilitasi penggunaan SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik).

“Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada partai politik, KPU membentuk helpdesk agar dapat membantu partai politik dalam proses penginputan data dan dokumen partai politik ke dalam SIPOL, ” jelas Supri kepada Mitrapost.com, Selasa (2/8/322).

Saat ini, di Kabupaten Pati sudah ada 26 partai yang akan mengikuti Pemilu tahun 2022 mendatang dan sudah masuk dalam data Kesbangpol kabupaten.

Banyaknya Parpol yang mendaftar, diharapkan diiringi dengan sehatnya pesta politik yang akan berlangsung pada tahun mendatang. Masyarakat juga diharapkan memahami ada lima jenis pemilihan umum, mulai dari pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dalam Pemilu 2024 mendatang. (*)

Baca Juga :   BPBD Pati Meramal Potensi Banjir pada Awal Musim Penghujan Tahun Ini Rendah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral