oleh

Terdapat 152 Kasus HIV/AIDS di Pati, Didominasi Laki-laki

Pati, Mitrapost.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia didampingi Pengelola Program HIV dan IMS, Agus Irawan mengungkapkan bahwa hingga Juli 2022 pihaknya telah menemukan sebanyak 152 kasus positif HIV/AIDS.

Kasus tersebut didominasi oleh kaum laki-laki dengan angka kasus sebanyak 84 dan 68 orang lainnya perempuan.

“Kalau di data kami hingga per Juli ya Mas, itu sudah ada sebanyak 152 yang terkonfirmasi positif baik itu HIV ataupun AIDS. Memang terbanyak adalah laki-laki itu terdapat 84 dan perempuan sebanyak 68 orang,” kata Agus Irawan saat ditemui di Kantor Dinkes Kabupaten Pati pada Rabu (10/8/2022).

Lebih lanjut, pihaknya menerangkan terkait dengan jumlah penderita HIV atau yang biasanya disebut dengan Orang Dengan HIV (ODHIV) ataupun penderita yang sudah terkena AIDS sebanyak 96 orang dengan status ODHIV, kemudian untuk penderita AIDS sudah mencapai 56 orang.

Baca Juga :   Pemerintah Ijinkan Pembelajaran Tatap Muka, Wali Murid Antusias

“Jadi gini Mas, kalau yang baru positif HIV dan belum AIDS itu ada 96 orang, sedangkan yang sudah pasti HIV dan sudah menderita AIDS untuk gejala lanjutan setelah orang terkena HIV ada sebanyak 56 orang, atau biasa ODHIV dan ODHA kita sebutnya,” terangnya.

Selain itu, berdasarkan uraian data pendampingan yang dilakukan, terdapat 110 dari temuan tersebut telah melakukan pengobatan melalui Antiretroviral (ARV) secara rutin.

Dari kasus tersebut, setidaknya terdapat 42 penderita meninggal dunia. Dimana penderita HIV-AIDS yang meninggal yakni 30 laki-laki dan 12 perempuan.

“Dari semua itu yang kita dampingi dan melakukan pengobatan ada sebanyak 110 penderita. Lalu 30 laki-laki dan 12 perempuan juga ada yang meninggal dunia,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :   Ramai Tahlilan dan Khataman Quran Online, Begini Kata MUI Pati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral