Imbas Kenaikan BBM, Nelayan di Juwana Rela Hutang Demi Bisa Melaut

Pati, Mitrapost.com – Imbas kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ditetapkan sejak 3 September 2022 kemarin, membuat nelayan di Juwana resah dan rela berhutang solar demi dapat melaut kembali.

Mukid, selaku Ketua Barisan Muda Nelayan Juwana memaparkan bahwa sebenarnya dirinya sudah tidak mampu untuk membeli solar untuk memberangkatkan kapal mencari ikan, karena harga solar yang sangat melambung.

Akan tetapi, jika dirinya tidak memberangkatkan kapalnya, banyak nyawa yang harus diberikan penghidupan dengan hasil dari kapalnya tersebut.

“Sebenarnya dampaknya kita membeli solar itu nggak kuat, kita sampai mencari vender, mencari yang mau menghutangi untuk keperluan pembelian solar. Adanya vender itu kita tertolong bisa memberangkatkan kapal. Hasil tangkapannya kita belum tahu nantinya,” ucap Mukid.

Baca Juga :   Pertamina Tegaskan Jatah BBM Subsidi bagi Petani dan Nelayan Sudah Tepat

Walaupun pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada nelayan kecil yang entah kapan cairnya, hal itu tidak memberikan solusi untuk keberlangsungan usahanya tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati