Mengenal Penyakit Hernia yang Diderita Anak Lesti Kejora

Mitrapost.com – Anak dari pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar diketahui akan menjalani operasi penanganan penyakit hernia.

Jenis hernia sendiri bermacam-macam. Sedangkan yang kemungkinan bisa terjadi pada bayi adalah hernia jenis inguinalis, hernia umbilikalis dan hernia diafragma.

Jenis hernia inguinalis bisa terjadi jika sebagian usus atau jaringan lemak di rongga perut mencuat ke selangkangan.

Sedangkan hernia umbilikalis terjadi saat sebagian usus atau jaringan lemak mendorong dan mencuat di dinding perut, yaitu di pusar. Hal ini biasa dialami bayi atau anak dengan usia 6 bulan ke bawah karena lubang tali pusat mereka tidak tertutup sempurna setelah lahir.

Lalu untuk hernia diafragma adalah kondisi saat sebagian organ lambung mencuat masuk ke rongga dada melalui celah diafragma. Hal ini bisa terjadi saat pembentukan diafragma kurang sempurna.

Baca Juga :   Cepat Sekali, Lesti Kejora Melahirkan

Hal yang bisa menjadi faktor resiko hernia bayi yaitu lahir prematur, keluarga ada yang menderita hernia saat masih bayi, ada kelainan testis, jaringan tidak normal muncul di pinggul, terjadi fibrosis kistik, hingga organ kemih dan reproduksi bermasalah.

Sedangkan secara umum, penyakit hernia atau istilah lainnya turun berok merupakan benjolan yang muncul karena organ yang keluar dalam tubuh melalui jaringan ikat sekitar organ yang melemah.

Kondisi ini bisa berakibat buruk, yaitu tersumbatnya aliran darah hingga bisa terjadi kematian jaringan. Oleh karena itu, penyakit ini harus segera ditangani.

Jaringan yang harusnya menahan organ manusia disebut jaringan ikat, yang harusnya kuat menopang. Namun ada kondisi yang menyebabkan jaringan bisa melemah.

Baca Juga :   Penelusuran Aliran Dana Doni Salmanan, Bareskrim Polri Akan Periksa Rizky Billar

Pada orang dewasa, penyebab hernia bisa terjadi diantaranya usia yang bertambah atau penuaan, terlalu sering mengangkat beban berat, pernah menjalani operasi perut, berat badan berlebih atau obesitas, batuk kronis, hingga sembelit.

Namun ada juga faktor yang bisa meningkatkan resiko mengidap penyakit hernia seperti lahir prematur atau memiliki berat badan lahir rendah, ada keluarga yang menderita hernia, mengalami peningkatan tekanan dalam dinding perut akibat kehamilan, pernah menjalani operasi perbaikan hernia.

Hernia memiliki berbagai jenis diantaranya hernia inguinalis (sering dialami pria), hernia femoralis (sering dialami wanita dengan berat badan berlebih), hernia umbilikalis (sering dialami bayi), hernia hiatus, hernia insisional, hernia epigastrik, hernia spigelian, dan hernia otot.

Baca Juga :   Rizky Billar Penuhi Panggilan Penyidik

Perawatan dokter diperlukan jika penderita merasakan rasa nyeri muncul mendadak dan terasa parah, benjolan hernia berubah warna menjadi ungu atau hitam, benjolan hernia terasa sakit dan mengeras, sulit buang air besar atau buang angin, mual dan muntah hebat, hingga mengalami demam.

Demikian penjelasan tentang penyakit hernia. Semoga kita bisa terhindar darinya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral