Berkah Ngarit Farm, Ternak Kambing Kekinian Jadi Tempat Rekreasi dan Edukasi

Berbeda dengan kandang kambing konvensional, Udhi ingin mengusung konsep kandang kekinian. Sebagian besar kandang kambing yang dibangun menggunakan bahan galvalum.

Selain membangun kandang panggung, Udhi juga menggunakan kandang lemprak atau kandang tanpa alas kayu, menempatkan kambing langsung diatas tanah ala peternakan di Australia.

Kandang lemprak inilah yang menarik minat para pengunjung maupun pegiat peternakan. Suasana bersih dan tertata membuat kandang terlihat indah dan instagramable.

Selain tampilannya, berkah ngarit farm juga menonjolkan konsep kandang anti bau. Rahasianya, agar kandang tidak menimbulkan bau Udhi menerapkan sistem terkoleksi pada kandangnya.

Cara kerja sistem kandang terkoleksi adalah memisahkan urin, feses agar tidak jatuh ke tanah namun langsung masuk ke instalasi khusus secara sendirinya. Diakuinya sistem ini ia pelajari saat berkunjung ke Sinatria Farm di Jogja.

Baca Juga :   Jumlah Populasi Ayam Broiler 2021 Diproyeksi Menurun

“Prinsipnya hal yang membuat bau kandang itu kan urin dan feses yang tidak terkondisikan dengan sistem terkoleksi permasalahan tersebut dapat teratasi,” ujar Udhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati