Antisipasi Terhadap Bencana, Pemkab Rembang Bentuk Kampung Siaga Bencana di Desa Dadapan

Rembang, Mitrapost.com – Antisipasi terhadap bencana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB).

Kegiatan yang digagas Kementrian Sosial (Kemensos) itu sudah berlangsung sejak Minggu, 16 Oktober 2022. Bupati Rembang berkesempatan mengukuhkan puluhan pengurus dan warga setempat dalam KSB.

Terdapat 60 pengurus KSB Dadap Jaya dengan dibekali materi teori dan praktek tentang kesiapsiagaan bencana di Desa Dadapan Kecamatan Sedan, Selasa (18/10/2022).

Bupati Rembang menjelaskan KSB merupakan suatu model penanggulangan bencana berbasis masyarakat. KSB dibentuk di daerah rawan bencana dengan cara melibatkan seluruh elemen yang ada di masyarakat.

“Penanggulangan bencana berbasis masyarakat merupakan upaya terorganisir atas kegiatan masyarakat dalam penanggulangan bencana yang dimulai dari sebelum, pada saat dan sesudah bencana dengan cara mengutamakan pemanfaatan sumber daya lokal baik berbentuk sumber daya manusia yang terlatih (skilled), alam dan sarana prasarana yang ada di masyarakat,” kata Hafidz, Selasa (18/10/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati