Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan

Mitrapost.com – Usai mendengar adzan, ada doa yang disunahkan untuk dibaca. Hal ini juga diamalkan oleh Rasulullah SAW.

Doa ini bisa dibaca sebelum kemudian memanjatkan doa, karena waktu antara adzan dan iqomah adalah waktu yang diijabah oleh Allah SWT.

Lafal doa setelah mendengar adzan:

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan sholat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karunia-Mu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan.”

Baca Juga :   Agar Dimudahkan Menyerap Ilmu, Baca Doa Ini Sebelum Belajar

Dalam sebuah hadist disebutkan cara bagaimana umat Islam harus menjawab saat adzan dikumandangkan.

“Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim no. 384).