Alokasi Anggaran Pendidikan Capai Rp612 Triliun di APBN 2023

Mitrapost.com – Sektor pendidikan mendapatkan alokasi tertinggi sepanjang sejarah. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa di tahun ini, pemerintah telah mengalokasikan sebanyak Rp612 triliun untuk kepentingan pendidikan. Jumlah ini naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sri Mulyani menjelaskan kenaikan tersebut seiring dengan belanja negara yang mencapai Rp3.041,7 triliun. Sehingga dana pendidikan yang biasanya dialokasikan sebanyak 20 persen pun turut naik.

“Belanja untuk pendidikan 20 persen di 2023. Ini mencapai lebih dari Rp612 triliun. Ini adalah belanja terbesar,” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Sumenep, Kamis (2/2) dilansir dari CNN Indonesia.

Jika dibandingkan dengan APBN tahun 2006, jumlah tersebut lebih besar karena anggaran pada saat itu hanya mencapai Rp550 triliun.

“Saya menjadi menteri keuangan pada 2006 waktu itu total APBN Rp550 triliun, sekarang belanja pendidikan saja mencapai Rp612 triliun,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati