Lakukan Amalan Berikut Saat Utang Belum Lunas

Mitrapost.com – Utang merupakan tanggung jawab seseorang sampai kapapun, selama utang tersebut belum terlunasi. Namun, bagaimana jika seseorang sedang tidak dalam kondisi mampu melunasinya, sedangkan pemberi utang belum merelakannya?

Dikutip dari Nu Online, Imam Abdul Wahab As-Sya’rani memberikan solusi kepada umat muslim yang masih memiliki utang dengan melakukan amalan-amalan sebagai berikut;

Membaca surat pendek

Solusi pertama, adalah membaca surat-surat pendek, meliputi surat Al-Ikhlas sebanyak 12 kali, Al-Falaq dan An-Nas dengan penuh bersungguh-sungguh dan khusyuk.

Menghadiahkan pahala

Menghadiahkan pahala ini dimaksudkan dengan memanjatkan doa agar pemberi utang dicatatkan amal baiknya. Cara menghadiahkan pahala ini dilakukan dengan shalawat dan doa sebagai berikut;

Baca Juga :   Lafalkan Bacaan Berikut Saat Mati Lampu

اَللَّهُمَّ صَلَّ وَسَلَّمْ عَلَى نَبِيِّكَ وَحَبِيبِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ، وَأَثِبْنِي عَلَى مَا قَرَأْتُهُ، وَاجْعَلْهُ فِي صَحَائِفِ مَنْ لَهُ عَلَيَّ تَبِعَةٌ مِنْ عِبَادِكَ مِنْ مَالٍ وَعِرْضٍ

Allāhumma shalli wa sallim ‘alā nabiyyika wa habibīka sayyidinā muhammad wa ālihī, wa atsibnī ‘alā mā qara’tuhū, waj’lhu fi shahā’ifi man lahū ‘alayya tabi‘atam min ‘ibādika mim mālin wa ‘irdhin.

Artinya: “Ya Allah, kasihanilah kami seiring dengan penghormatan dan selamatkanlah kepada Nabi-Mu dan kekasih-Mu, Sayyidina Muhammad beserta keluarganya; berilah aku pahala atas apa yang telah kubaca; dan jadikanlah pahala itu tercatat dalam lembar-lembar catatan amal orang yang aku punya tanggungan hak adami (utang atau lainnya) dari para hamba-Mu, utang harta maupun kesalahan pribadi lainnya.”

Baca Juga :   Bagaimana Islam Memandang Seseorang yang Suka Mengejek dan Memperolok-olok?

Menurut sumber, amalan-amalan diatas disarankan dibaca setiap malam dengan penuh kesungguhan. Dengan mengamalkan doa dan bacaan surat pendek telah mengartikan bahwa pemilik utang telah menunjukkan niat baik terhadap tanggung jawabnya, meski belum mampu melunasi utang-utangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati