Doa saat Kesalahan Tak Dimaafkan

Mitrapost.com – Sebagai manusia yang tidak sempurna, ada kalanya kita melakukan sebuah kesalahan yang menyinggung orang lain. Saat kita menyadarinya, akan lebih baik kita segera meminta maaf kepada orang yang tersinggung hatinya, kemudian meminta ampunan kepada Allah SWT. Namun, bagaimana jika kesalahan tersebut tidak dimaafkan karena kesalahan besar kita kepadanya?

Pada dasarnya, maaf berasal dari kata al-afwu yang berarti menghapus. Permintaan maaf merupakan cara kita menghapus kesalahan kita kepada orang yang bersangkutan. Ini akan membutuhkan ketulusan dan keikhlasan. Keikhlasan tersebut berasal dari penyerahan diri atas keputusan orang yang kita sakiti untuk menerima permintaan maaf atau tidak, karena semua itu telah menjadi hak mereka. Oleh karena itu, pilih perkataan yang rendah hati agar orang tersebut menerima niat anda.

Baca Juga :   Doa Meminta Jodoh yang Baik dan Setia

Begitu pun sebaliknya. Saat orang tersebut masih merasa sakit hati dan belum bisa menerima permintaan maaf, maka doakan datangnya kebaikan pada mereka. Sesungguhnya meminta maaf dan memaafkan bukanlah hal yang mudah. Kendati demikian, Allah SWT tetaplah Maha Pemaaf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati