Ada 11 Kasus Kematian Akibat Rabies, Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada

Menurut catatan Kemenkes, hingga April 2023 sudah ada 31.113 kasus gigitan hewan penular rabies. Dimana 23.211 kasus gigitan sudah mendapatkan vaksin anti rabies, sedangkan kasus kematian ada 11.

Hanya ada 8 provinsi yang bebas dari rabies yaitu Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Papua Barat, dan Papua. Sedangkan provinsi lainnya sudah menjadi enedemis rabies.

Bahkan status kejadian luar biasa (KLB) rabies di Indonesia sudah ditetapkan di dua kabupaten yaitu di Kabupaten Sikka, NTT dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

“Rabies merupakan tantangan besar di Indonesia karena dalam tiga tahun terakhir kasus gigitan hewan rabies itu rata-rata setahunnya lebih dari 80.000 kasus dan kematiannya rata-rata 68 orang,” jelasnya.

Baca Juga :   PDHI Jateng V: Pelaksanaan Vaksinasi Rabies kepada Hewan Peliharaan Maksimal atau Minimal Setahun Sekali

Untuk dapat mengurangi kasus rabies pada manusia di Indonesia, ia menilai perlu ada vaksinasi pada anjing. Sedangkan vaksin pada manusia hanya bersifat pelengkap. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati