Ada 11 Kasus Kematian Akibat Rabies, Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada

Mitrapost.com – Ada 11 kasus kematian akibat rabies yang terjadi, dimana 95 persen dari kasus tersebut disebabkan oleh gigitan anjing.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan meminta agar segera mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) ketika digigit anjing.

Hal itu karena, sebagian besar kasus kematian akibat rabies terjadi sebab telat dibawa ke faskes.

“Mereka merasa hanya gigitan kecil dan tidak berdarah, sehingga mereka datang ke Faskes sudah pada kondisi parah, seringnya itu di atas 1 bulan setelah digigit,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Imran Pambudi dilansir dari CNN Indonesia.

Ia mengatakan bahwa rabies sebenarnya tidak hanya disebabkan gigitan anjing. Namun ada beberapa hewan liar yang juga bisa menyebabkan rabies.

Baca Juga :   PDHI Jateng V: Pelaksanaan Vaksinasi Rabies kepada Hewan Peliharaan Maksimal atau Minimal Setahun Sekali

“Ada juga beragam hewan liar yang bertindak sebagai reservoir virus di berbagai benua seperti rubah, rakun, dan kelelawar, tapi 95 persen karena gigitan anjing,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati