Mitos dan Fakta Seputar Mata Kedutan

Mitrapost.com – Kedutan di mata sering dikaitkan dengan mitos tertentu. Beberapa orang masih mempercayai bahwa kedutan di mata kanan atas berarti orang tersebut akan mendapatkan kabar baik atau keberuntungan.

Keberuntungan dan kabar baik yang dimaksud dapat berupa keuntungan berbisnis, target tercapai, pekerjaan baru, maupun keinginan yang akhirnya terpenuhi.

Pada dasarnya, itu merupakan sebuah mitos saja. Tidak ada hubungannya kedutan dengan keberhasilan seseorang. Untuk mencapai sesuatu, usaha dan berdoa yang paling penting. Sementara itu, penyebab kedutan ternyata bisa di jelaskan di sisi medis.

Kedutan mata biasanya disebut dengan myokymia, yakni suatu kondisi otot kelopak mata yang mengalami kontraksi atau gerakan yang tidak disadari. Sifat gerakannya spontan dan sering terjadi pada otot orbicularis, yakni otot yang berfungsi menutup kelopak mata.

Baca Juga :   Hindari Tidur Setelah Sahur, Berikut Dampak Yang Terjadi

Selain myokymia, berikut beberapa penyebab mata kedutan, dilansir dari Halodoc.

Stres berlebihan

Salah satu penyebab kedutan adalah stres, baik secara fisik maupun emosional. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan sedikit relaksasi, seperti melakukan yoga, meditasi, melakukan hobi yang membuat anda senang, seperti membaca, melukis atau jalan-jalan ke tempat yang sejuk.

Mata kering dan tegang

Kedutan juga bisa menjadi sinyal bahwa mata anda dalam keadaan kering dan tegang. Kondisi matas ini biasanya disebabkan karena terlalu fokus memandang suatu objek dalam waktu yang lama, atau bisa juga karena terlalu sering menatap layar yang memancarkan cahaya biru, seperti ponsel, komputer, dan laptop.