Harga Bawang Merah Tinggi, BPS Ungkap Penyebabnya

Mitrapost.com – Harga bawang merah pada bulan Mei 2023 berada pada posisi naik paling tinggi jika dibandingkan dengan komoditas lainnya seperti bawang putih, daging ayam ras, ikan segar, telur ayam ras, dan rokok kretek filter.

Bawang merah mencatat inflasi sebanyak 7,92 persen di bulan Mei dan disusul dengan bawang putih sebesar 7,07 persen. Keduanya memiliki andil masing-masing 0,03 persen dan 0,02 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Pudji Ismartini pun menjelaskan alasan mengapa harga bawang merah bisa melambung tinggi. Hal itu karena belum banyaknya pasokan dari petani.

“Untuk bawang merah saat ini memang belum banyak supply dari produsen atau petani bawang merah. Produksi belum banyak sehingga pasokan yang masuk masih belum mencukupi kebutuhan dari masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :   Harga Bawang Anjlok, Dewan: Dinas Terkait Perlu Operasi Pasar

Sedikitnya pasokan bawang merah disebabkan karena komoditas tersebut kini masih belum masuk masa panen raya. Sehingga, sejak lebaran harga bawang merah menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati