Potensi Ancaman Gempa Bumi dan Tsunami Mengintai Selatan Yogyakarta

Mitrapost.com – Potensi ancaman gempa dan tsunami mengintai wilayah selatan Yogyakarta dan pulau Jawa secara umum. Hal itu mengacu pada sejarah gempa dan tsunami di kawasan tersebut yang disebabkan oleh zona subduksi aktif.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya wilayah selatan Yogyakarta tepatnya di Barat Daya Bantul diguncang gempa magnitudo 6,0 pada Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 WIB. Gempa tersebut berada di kedalaman 67 km.

Pihak BMKG mengabarkan bahwa penyebab gempa adalah adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Gempa disebut memiliki pergerakan naik atau patahan naik.

Kejadian gempa ini disebut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, memperingatkan kondisi selatan Yogyakarta atau pulau Jawa yang diketahui bersubduksi aktif atau zona gempa bumi yang terjadi di sekitar pertemuan antar lempeng.

“Wilayah Yogyakarta ini merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks karena baik dari laut maupun darat terdapat sumber gempa potensial. Dari laut terdapat zona subduksi yang memiliki potensi magnitudo mencapai 8,7 dan di daratan terdapat Sesar Opak yang memiliki magnitude target mencapai 6,6,” jelasnya dilansir dari CNN Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati