Angka Kasus Stunting di Kepulauan Seribu Terus Alami Penurunan

Jakarta, Mitrapost.com – Angka kasus stunting di wilayah Kepulauan Seribu terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Berdasarkan hasil data elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPBGM), terdapat penurunan jumlah stunting di Kepulauan Seribu dari 8.29 persen pada 2021 menjadi 6.48 persen di 2022.

Dengan capaian tersebut, Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi pun optimis bisa melakukan percepatan untuk menurunkan angka kasus stunting di wilayah setempat.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat evaluasi penilaian kinerja delapan aksi percepatan penurunan stunting 2023 secara virtual di Gedung Mitra Praja Sunter, Jakarta Utara.

“Penurunan angka stunting ini berhasil karena melibatkan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perguruan tinggi dan perusahaan,” ujarnya.

Menurut Junaedi, percepatan penurunan stunting berfokus pada tindakan preventif seperti pemberian gizi yang baik sejak awal kehamilan, peningkatan akses terhadap perawatan kesehatan ibu dan anak serta pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi yang seimbang.