Pengamat Politik Ungkap Presiden Tetap Orang Jawa jika Sistem Pemilu Tak Diubah

Mitrapost.com – Adi Prayitno selaku Direktur Parameter Politik mengungkapkan bahwa presiden akan tetap orang jawa jika sistem Pemilu tidak diubah.

“Kalau begini terus, sistem pemilu presiden kita, yang jadi presiden adalah orang Jawa,” kata Adi Prayitno saat diskusi Adu Perspektif yang diadakan detikcom dan Total Politik, Rabu (12/7/2023).

Ia lantas membandingkan pemilihan yang terjadi di Amerika Serikat. Ia juga mengaku sosok non-Jawa akan sulit memimpin Indonesia.

“Mungkin pilpres seperti Amerika lah, di mana yang dihitung bukan one man one vote. Kalau di kita masih rezim one man one vote, orang seperti Bang Fahri, ilmunya sampai Sidratulmuntaha, gagasannya besar, sulit bos,” tutur dia.

Baca Juga :   PDI Perjuangan Rembang Bersinergi dengan RIS Menangkan Ganjar Pranowo 2024

Adi lantas mengatakan sistem politik di Bumi Pertiwi perlu diubah. Bahkan ia menilai saat ini terdapat pihak yang berniat untuk mengubah sistem politik tersebut.

“Makanya sistem politik harus diubah, problemnya, ada nggak yang mau begini. Terutama capres-capres yang dari Jawa, yang punya kemewahan menikmati insentif elektoral dari pemilih Jawa,” ucap Adi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati