Makanan Tinggi Protein yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Mitrapost.com – Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang dialami oleh banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah melebihi batas normal karena tubuh tidak tidak mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. Diabetes akan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, seperti jantung hingga kehilangan penglihatan.

Makanan yang baik untuk penderita diabetes adalah makanan yang tinggi protein namun rendah lemak. Makanan seperti ayam tanpa kulit dan ikan dengan lemak sehat akan memberi nutrisi berupa asam amino esensial, vitamin dan mineral bagi seseorang yang ingin mempertahankan kestabilan kadar glukosa dalam darah sambil meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga :   Tren Kasus Kenaikan Diabetes di Pati Didominasi Usia Produktif

Dilansir dari laman Eat This Not That, berikut beberapa protein yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Ayam tanpa kulit

Pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi sumber protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit. Kandungan protein di dalamnya akan meningkatkan rasa kenyang, serta menahan untuk makan secara berlebihan. Selain itu, pertimbangkan pengolahan ayam dikukus saja atau dijadikan sup dari pada digoreng menggunakan minyak.

Telur

Telur adalah sumber protein yang bagus. Selain itu, konsumsi telur secara teratur dapat memperbaiki glukosa penderita diabetes tipe 2 ataupun pradiabetes. Tak hanya protein, telur juga mengandung 13 vitamin, kolin, dan mineral lainnya.

Sarden

Ikan ini mengandung lemak sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pasalnya, ikan laut ini mengandung banyak asam lemak omega-3, kalsium, vitamin D, dan beragam zat gizi lainnya

Baca Juga :   BPJS Kesehatan Pati Kenalkan Pilar Penatalaksanaan Diabetes Melitus

Greek Yogurt

Makanan kaya protein lainnya adalah Greek yogurt. Makanan ini mengandung karbohidrat dan protein. Nutrisi tersebut merupakan kombinasi sempurna untuk membantu mengontrol tingkat kelaparan dan gula darah. Yogurt jenis ini memberikan lebih banyak protein dan lebih sedikit karbohidrat daripada yogurt biasa.

Tahu dan Tempe

Salah satu sumber protein nabati yang baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes adalag tahu dan tempe. Kedua bahan tersebut dapat diolah menjadi banyak makanan lezat, serta menyajikan protein nabati yang dihasilkan dari proses fermentasi. Kandungannya dapat menggantikan protein hewani.

Ikan tuna

Konsumsi ikan tuna memberikan manfaat mendukung kontrol gula darah bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan ikan tuna bebas dari karbohidrat. Selain itu, ikan tuna juga memberikan nutrisi yang bermanfaat untuk manajemen diabetes dan omega-3.