Jumlah Mesin ATM Bank Menyusut Seiring Pesatnya Penggunaan Layanan Digital

Mitrapost.com – Jumlah mesin ATM bank kini semakin menyusut seiring dengan banyaknya penggunaan layanan digital.

Berdasarkan data Surveillance Perbankan Indonesia dari OJK, ada sebanyak 119.272 unit jaringan perbankan yang dimiliki oleh bank umum konvensional. Jumlah itu mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Jaringan perbankan yang dimaksud yaitu meliputi kantor cabang, kantor wilayah, hingga terminal perbankan elektronik seperti mesin ATM, CDM, dan CRM.

“Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, terdapat penurunan sebanyak 466 jaringan kantor, dengan penurunan terbanyak pada terminal perbankan elektronik ATM/CDM/CRM,” tulis OJK dilansir dari Bisnis.com.

Tren penurunan juga terlihat jika jumlah tersebut dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama. Dimana ada sebanyak 4.143 jaringan perbankan di Indonesia yang berkurang.

Pada kuartal II/2022 bank umum konvensional masih memiliki sebanyak 123.415 unit jaringan. Sedangkan pada kuartal II/2023, bank umum konvensional memiliki 91.516 terminal perbankan ATM/CDM/CRM. Dalam kurun waktu tiga bulan, terjadi penurunan sebanyak 256 unit. Jika dihitung dalam setahun, maka jumlah mesin ATM tersebut berkurang sebanyak 2.934 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati