Penyebab Sariawan dan Tips Mengobatinya

Mitrapost.com – Sariawan merupakan kondisi kerusakan pada jaringan lapisan mulut. Biasanya ini terjadi pads gusi, bibir, bahkan lidah.

Sariawan bisa terasa sakit saat makan, minum, menyikat gigi, dan berbicara. Rasa sakit akibat sariawan terjadi karena saraf tepat di bawah permukaan lapisan mulut terbuka. Namun, sariawan pada mulut biasanya bersifat sementara dan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu hingga dua minggu.

Jika Anda menderita sariawan yang berlangsung lebih dari tiga minggu, atau kambuh secara teratur, Anda harus mencari pertolongan medis karena ini mungkin merupakan tanda masalah yang lebih serius.

Apa penyebab sariawan?

Penyebab pasti dari sariawan tidak diketahui secara pasti, namun beberapa faktor dapat menimbulkan sariawan. Penyebab paling umum adalah luka yang menyebabkan kerusakan jaringan pada lapisan mulut, akibat menyikat gigi terlalu keras, kawat gigi ortodontik, atau tergigit saat makan dan minum.

Baca Juga :   5 Manfaat Susu Almond, Dukung Kesehatan Jantung

Penyebab lainnya adalah infeksi akibat bakteri, virus, atau jamur. Sariawan juga dapat muncul karena stres, perubahan hormonal dan reaksi alergi. Kekurangan vitamin seperti B-12, zat besi, folat atau seng juga bisa menjadi penyebab sariawan

Pengobatan sariawan

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, beberapa obat-obatan juga bisa bereaksi untuk mempercepat penyembuhannya. Sariawan bisa diredakan dengan mengoleskan krim atau salep pereda nyeri pada sumber sakit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati