Kapan Waktu Terbaik untuk Olahraga?

Mitrapost.com – Sering kali kita sulit menemukan waktu olahraga yang tepat. Apalagi saat diterpa kesibukan karir dan kehidupan sosial. Padahal memastikan tubuh aktif bergerak sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jangka panjang.

Oleh sebab itu, di tengah jadwal yang padat, perlu bagi kita untuk meluangkan waktu dalam berolahraga. Salah satunya, mencari tahu kapan waktu terbaik untuk melakukannya.

Apakah di pagi hari, atau sore hari?

Olahraga di pagi hari

Dikutip dari Healthline, ada banyak manfaat berolahraga di pagi hari. Berolahraga di pagi hari meningkatkan produksi endorfin. Ini akan menciptakan perasaan senang dan semangat untuk memulai hari Anda. Selain itu, Anda mungkin bisa lebih lega karena tidak perlu berolahraga di sore hari setelah lelah bekerja dan beraktivitas.

Baca Juga :   7 Kebiasaan Buruk Picu Kerusakan Ginjal

Adapun manfaatnya menurut sains. Penelitian yang diterbitkan di Kedokteran dan Sains dalam Olahraga dan Latihan, mengevaluasi bagaimana wanita merespons makanan setelah berolahraga di pagi hari. Peserta yang memiliki berat badan sehat maupun obesitas melakukan jogging selama 45 menit. Alhasil, minat mereka berkurang saat disajikan berbagai makanan yang tampak lezat, dibandingkan tidak berolahraga. Artinya, olahraga di pagi hari dapat meningkatkan kontrol nafsu makan. Manfaat tambahan lain, termasuk peningkatan metabolisme, atau pembakaran kalori sepanjang hari.