Kasus Monkeypox Semakin Meluas, Hingga Kini di Pati Masih Aman

Pati, Mitrapost.com – Kasus cacar monyet atau monkeypox semakin meluas. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati memastikan hingga saat ini di wilayah Kabupaten Pati masih aman dan jauh dari kasus monkeypox.

Sebelumnya, Dinkes Pati sudah melakukan koordinasi dan komunikasi bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk menelusuri kasus monkeypox.

Alhasil dari 35 kabupaten di Provinsi Jateng belum sama sekali ditemukan kasus monkeypox seperti yang sedang tren di wilayah DKI Jakarta.

Keterangan ini disampaikan melalui Plt Sekretaris Dinkes Kabupaten Pati, dr Joko Leksono Widodo. Ia mengatakan bahwasannya monkeypox merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus.

Dalam sejarahnya, kasus monkeypox di tahun 1954 sudah ditemukan penularannya dari hewan ke hewan (monyet ke monyet).  Kemudian di tahun 1970 kasus tersebut mulai menular dari hewan ke manusia.

“Monkeypox dalam dunia medis disebut dengan MPV (monkeypox virus). Sebab, monkeypox merupakan sejenis penyakit yang diakibatkan oleh virus ataupun hewan yang mengerat. Seperti tupai, bajing, dan terbanyak adalah tikus. Sebetulnya penyakit ini sudah lama, sejak 1954 di Kongo ditemukan penularan mokeypox dari monyet ke monyet. Tapi memang trennya baru sekarang,” kata dr. Joko kepada Mitrapost.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati