Apa Itu Ayat Seribu Dinar?

Mitrapost.com – Dalam Al-Quran, terdapat ayat yang memiliki sebutan ayat seribu dinar. Ayat yang dimaksud adalah sebagian ayat 2 dan keseluruhan ayat 3 dari Surat At-Talaq.

Mengamalkan ayat-ayat ini sebagai doa diyakini akan memberikan manfaat, seperti terbukanya pintu rezeki, hingga meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Mengapa disebut ayat seribu dinar?

Sebutan tersebut disebut berdasarkan kisah Auf bin Malik Ashjai’. Ia adalah salah satu sahabat Rasulullah SAW. Suatu saat, putra Auf bin Malik Ashjai’ ditangkap oleh musuh, sehingga ia mengadu kepada Nabi SAW.

Kemudian, Nabi SAW menganjurkan Auf untuk membaca ayat dari surat At-Talaq tersebut. Setelah membaca ayat ini, putranya berhasil lolos dengan membawa pulang harta yang tak terduga.

Selain itu, ‘seribu dinar’ mencerminkan kelimpahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Beberapa ulama terkemuka, seperti Imam Al-Tobari, Ibnu Abbas, Rabi’ bin Haitham, dan lainnya, turut menyampaikan pendapatnya terkait surat ini. Mereka menafsirkan bahwa ketakwaan kepada Allah SWT, tidak hanya memberikan manfaat dunia, tetapi juga dalam urusan akhirat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati