Bolehkah Menggabungkan Niat Puasa Ayyamul Bidh dengan Puasa Senin-Kamis?

Mitrapost.com – Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah setiap tanggal 13-15 setiap bulan menurut kalender hijriyah. Puasa di bulan Jumadil Awal 1445 H dilakukan pada tanggal 27-29 November 2023, artinya hari pertama puasa ini bertepatan dengan hari senin. Hari senin sendiri menjadi hari yang dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa senin-kamis.

Lantas, apakah boleh menggabungkan dua ibadah dalam satu waktu, seperti puasa Ayyamul Bidh dan puasa senin-kamis?

Ini juga berkaitan dengan menyatukan dua niat ibadah dalam satu waktu tertentu. Sementara itu, pada umumnya niat ibadah hanya dilafalkan untuk satu jenis ibadah saja.

Hukum menggabungkan niat ibadah dalam satu waktu

Dilansir dari DetikHikmah, Ustaz Hanif Luthfi Lc dalam bukunya berjudul ‘Amalan Ibadah Bulan Dzulhijjah’ menjelaskan bahwa menggabungkan dua ibadah dalam satu kesempatan dibolehkan oleh ulama.

Baca Juga :   3 Hari Puasa Setara Puasa Sepanjang Tahun, Berikut Niat Puasa Ayyamul Bidh

Seperti, puasa sunnah ayyamul bidh bisa digabung bersamaan dengan puasa sunnah lainnya ketika bersamaan dalam satu hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati