Dalam Satu Tahun, Petani di Pati Hanya Sekali Sukses Panen

Pati, Mitrapost.com – Beberapa petani di wilayah Kabupaten Pati diketahui dalam tahun 2023 ini hanya bisa sekali sukses dan berhasil panen tanaman padi.

Dimana hal ini terlihat jelas saat musim tanam pertama para petani di Pati berhasil panen. Akan tetapi, saat musim tanam kedua para petani gagal panen, begitu juga pada musim ketiga diketahui petani gagal tanam.

Melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Kabupaten Pati, Alfianingsih Firmanwigawati menilai bahwasannya gagal panen dan tanam padi dikarenakan beberapa bulan sebelumnya di Pati terjadi kemarau panjang hingga kekeringan ekstrem.

“Hanya saja yang perlu diketahui kemaren kekeringan panjang itu jelas dimasa tanam kedua itu kita gagal panen. Kemudian dimasa tanam ketiga itu kita gagal tanam. Jadi selama satu tahun ini kita bisa dibilang hanya bisa satu kali masa tanam dan panen yang berhasil,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Baca Juga :   Panen Melon Kedua Menjadi Obat Gagal Panen Pertama

Sementara itu, jika diperhitungkan ketersediaan pangan pada komoditas beras di Pati hingga akhir tahun 2023 mendatang maupun saat memasuki musim penghujan belum bisa terlihat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati