Berikut Tips Lancarkan BAB Setiap Hari

Mitrapost.com – Buang air besar secara teratur dapat menjaga kesehatan usus. Feses yang dikeluarkan merupakan sisa metabolisme tubuh, sehingga mengeluarkannya setiap hari dapat menandakan kondisi tubuh sehat.

Dr. Peyton Berookim dari Institut Gastroenterologi California Selatan mengatakan bahwa buang air besar di pagi hari mencegah perasaan kembung dan lemas. Ini akan memberikan perasaan nyaman dalam beraktivitas di sisa hari.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips melancarkan buang air besar setiap hari.

Memperbanyak minum air

Mencukupi asupan cairan tubuh dapat mencegah Anda dari susah buang air besar. Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab sembelit kronis. Air memiliki peran penting dalam proses pencernaan, yaitu memperlancar jalur sisa-sisa makanan yang dikonsumsi. Selain itu, air juga memastikan usus anda tetap fleksibel.

Baca Juga :   Manfaat Anggur bagi Kesehatan, Cegah Kanker hingga Penyakit Kronis

Rutin olahraga

Berolahraga dapat mengurangi kemungkinan sembelit karena pergerakan tubuh dapat membantu mempermudah dan mempercepat jalannya makanan melalui usus besar. Lakukan olahraga ringan seperti joggin, jalan, work-out sederhana yang bisa anda lakukan di rumah.

Nutrisi ke dalam makanan

Tips lainnya adalah menambahkan serat, probiotik, dan lemak sehat ke dalam menu makanan harian. Nutrisi-nutrisi tersebut diyakini memudahkan buang air besar di pagi hari. Beberapa makanan tinggi serat contohnya buah-buahan dan sayuran. Selain itu, kefir, tempe, kimchi, roti sourdough juga memiliki probiotik tinggi.

Cobalah berjongkok

Saat melakukan buang air besar, direkomendasikan menggunakan toilet jongkok karena otot puborectalis dapat bekerja optimal untuk menekan feses keluar saat melakukan posisi jongkok. Namun, saat memakai toilet modern, coba tempatkan kedua lutut lebih tinggi dari pinggul dengan menapak pada kursi kecil.

Baca Juga :   Kenali Bahaya Tato Permanen di Tubuh, Picu Alergi hingga Kanker

Pijat perut

Penelitian menunjukkan, memijat perut dapat membantu meredakan sembelit dan melancarkan buang air besar. Dokter Berookim mengatakan bahwa memijat perut membantu melewatkan sisa makanan di usus besar dan mendorong feses keluar. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati