Berikut 5 Jenis Kacang Sehat, Cocok untuk Camilan

Mitrapost.com – Salah satu camilan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kacang-kacangan karena dapat meningkatkan perasaan kenyang. Jenis makanan ini merupakan sumber serat, protein, dan lemak sehat.

Tak hanya mengenyangkan, beberapa jenis kacang juga baik bagi kesehatan selama dikonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan. Ini karena dikaitkan dengan kesehatan jantung, kesehatan otak, memaksimalkan metabolisme dan mengurangi peradangan.

Dilansir dari laman Eat This Not That, berikut beberapa jenis kacang yang paling sehat, menurut ahli nutrisi.

Kacang pistachio

Lauren Menaker, seorang ahli nutrisi mengatakan bahwa Pistachio mengandung protein nabati lengkap, termasuk semua jenis asam amino esensial.

“Pistachio adalah sumber protein lengkap nabati, artinya pistachio menyediakan semua asam amino esensial yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh kita,” kata Lauren Manaker, MS, RDN.

Baca Juga :   Rekomendasi Camilan Sehat Selama Perjalanan untuk Liburan Akhir Tahun

Manfaat lain dari pistachio adalah sifat antioksidannya, serta memiliki efek penurunan glukosa dan insulin di antara orang-orang dengan pradiabetes.

Kacang kenari

Kacang kenari disebut sebagai sumber protein nabati, serat, dan lemak sehat seperti lemak omega-3. Senyawa ini terbukti membantu kesehatan jantung, otak, dan mata. Penggantian konsumsi daging dengan kenari dapat meningkatkan kualitas makanan secara keseluruhan.

kacang almond

Almond juga bagus dikonsumsi sebagai camilan karena mengandung lemak sehat, protein, dan serat. Selain itu, kacang ini juga mengandung vitamin E yang bisa memenuhi 45% kebutuhan harian Anda. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang kuat dan dikenal dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta dikaitkan peningkatan kesehatan otak dan mata.