Anies Bandingkan Kenaikan Gaji TNI-Polri Era SBY, Begini Respon Jokowi

Mitrapost.com – Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 1 memberikan kritik terkait dengan kenaikan gaji pada TNI-Polri pada era Joko Widodo yang tidak banyak dibandingkan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal ini pun langsung mendapatkan respon dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia lantas berbicara terkait dengan situasi ekonomi yang berbeda.

“Situasi fiskal kita, situasi ekonomi kan berbeda-beda,” kata Jokowi usai peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor di Gate Tol Limo Utama, Senin (8/1/2024).

Menurut Jokowi, keputusan menaikkan gaji atau tidak tentunya sudah menjadi pertimbangan matang. Sebab suasana ekonomi seperti Covid hingga perang dagang sangat mempengaruhi inflasi di Indonesia.

“Kita memutuskan menaikkan dan tidak pasti dengan pertimbangan matang, kalau fiskal kita dalam posisi tertekan dengan eksternal seperti covid, perang dagang, kemudian geopolitik yang tidak memungkinkan ya tidak mungkin kita lakukan semua dengan pertimbangan dan kalkulasi yang matang,” ujarnya.