Tak Hanya di Kalimantan, Ternyata Kuyang Dikenal dengan Nama Lain di Berbagai Daerah Berikut

Mitrapost.com – Kuyang merupakan makhluk mitologi yang dipercayai berasal dari dataran Kalimantan. Makhluk ini disebut sebagai makhluk gaib berwujud perempuan yang menampakkan diri pada malam hari dengan terbang. Namun, ia tampak kepalanya saja dengan jeroan, tanpa badan.

Saat berkelana di malam hari tersebut, hantu kuyang dipercaya sedang melakukan aksinya untuk mencari mangsa perempuan hamil maupun bayi-bayi yang baru lahir. Makhluk jenis ini disebut sebagai perwujudan wanita yang melakukan ilmu hitam.

Namun, sebenarnya makhluk Kuyang tidak hanya ada di Kalimantan saja, namun juga daerah lainnya, bahkan di luar negeri.

Pok-pok

Pok-pok merupakan hantu wanita yang dikenal oleh masyarakat daerah Sulawesi. Mereka menyebut pok-pok karena saat keluar mencari mangsa di malam hari, makhluk tersebut akan mengeluarkan suara ‘pok-pok-pok’. Sama seperti legenda Kuyang, orang-orang sekitar percaya bahwa Pok-pok merupakan perwujudan manusia yang melakukan ilmu hitam agar menjadi kaya atau awet muda.

Baca Juga :   Mitos Tentang Anak Kembar yang masih Dipercayai

Palasik

Tak hanya di Kalimantan dan Sulawesi, hantu mirip Kuyang juga dikenal oleh masyarakat Sumatera. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Palasik disebut lebih menakutkan daripada Kuyang karena dapat membunuh korbannya melalui tatapan mata. Selain itu, palasik juga berkelana di malam hari untuk menghisap darah bayi atau balita melalui ubun-ubunnya untuk menambah kesaktian.

Hantu Penanggal

Hantu Penanggal terkenal di kalangan masyarakat negara Jiran, Malaysia. Banyak orang Malaysia mengenal hantu ini dengan nama hantu Penanggal atau Balan-balan karena wujudnya yang tidak tidak memiliki tubuh. Hantu tersebut memiliki penampakan seperti Kuyang, yakni berkelana di malam hari hanya dengan kepala dan organ dalamnya saja. Masyarakat sekitar percaya hantu Penanggal merupakan jelmaan perempuan yang memiliki ilmu hitam tinggi.

Baca Juga :   Berikut Mitos Tak Sengaja Memakai Pakaian Terbalik

Krasui

Krasui merupakan nama hantu di Thailand yang mirip Kuyang. Makhluk tersebut digambarkan hanya memiliki kepala tanpa tubuh. Selain itu, Krasui disebut memangsa mayat dan kotoran manusia. Beberapa orang mengatakan, hantu satu ini juga suka menghisap darah perempuan hamil atau bayi yang baru lahir. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati