Penjualan Beras Organik di Pati Masih Susah, Ini Penyebabnya

Pati, Mitrapost.com – Menjual beras organik memang menjadi kendala bagi para petani. Harga yang tidak mengikuti pasaran pun menjadi permasalahan yang cukup serius. Di wilayah Gabus, dulunya ada pertanian organik yang sudah memiliki sertifikat organik. Yaitu kelompok tani Bancak Desa Gabus dan kelompok Gapoktan Desa Tambahmulyo.

Dua desa tersebut pernah mengantongi sertifikat organik dari INOFICE, Salah satu perusahaan organik yang telah diverifikasi oleh OKPO (Otoritas Kompeten Pangan Organik).

Eny Prasetyowati, selaku koordinator BPP PPL Kecamatan Gabus mengatakan dua kelompok tani di desa tersebut sekarang ini belum bisa melanjutkan sertifikasi tersebut. Salah satu penyebabnya yaitu kendala penjualannya yang masih terbilang kesulitan.

Baca Juga :   Permintaan Beras Organik, Jadi Peluang Petani Pati

Selain itu, untuk perpanjangan yang kedua harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

“Kan harus diperpanjang ya, yang pertama memang gratis dari pemerintah, tapi perpanjangannya tidak diperpanjang,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati