4 Upaya Kesehatan yang Harus Dimiliki UKS

Pati, Mitrapost.com – Unit Kesehatan Sekolah (UKS) memiliki peranan yang penting dalam lingkungan sekolah. Akan tetapi, yang perlu diketahui dan dipahami bahwa UKS tidak hanya sekedar tempat atau bangunan yang hanya terlihat megah ataupun mewah.

Pentingnya UKS dalam melakukan pertolongan apabila dirasa ada yang membutuhkan. UKS di lingkungan sekolah memiliki 4 peranan yang penting.

“Upaya kesehatan itu ada 4 preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif,” ujar Aviani Tritanti Venusia, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

Lebih lanjut, ia mencontohkan bahwa upaya preventif bisa dilakukan melalui disediakannya tempat cuci tangan. Sedangkan promotifnya mengenalkan melalui tulisan, contohnya cuci tangan sebelum makan.

Serta untuk tindakan kuratif dan preventif digunakan untuk tempat istirahat kalau dirasa ada masyarakat sekolah yang terasa pusing atau tidak enak badan.

Baca Juga :   Terdapat Dua Dinamika Vaksinasi Booster di Pati

“Misalnya disediakan tempat untuk cuci tangan (ada airnya yang mengalir, ada sabu di situ) itu adalah upaya-upaya preventif. Promotifnya nanti mungkin (cuci tangan sebelum makan),” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati