Terendam Banjir, BPBD Bakal Tetapkan Cirebon Wilayah Tanggap Darurat Bencana

Mitrapost.comBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyampaikan faktor penyebab banjir yang merendam sembilan kecamatan tersebut karena kiriman dari wilayah Kuningan.

“Penyebabnya debit air di sungai Ciberes dan Cisanggarung sangat besar. Ditambah lagi tanggul terbilang rendah sehingga terjadi limpasan karena sungai tidak dapat menampung debit air,” kata Kepala BPBD Deni Nurcahya seperti dilansir dari detiknews, Kamis (7/3/2024).

Lebih lanjut, Deni menjelaskan bahwa rata-rata ketinggian air yang merendam Cirebon berkisar antara 40 sentimeter sampai 2,5 meter.

“Banjir kali ini juga terdapat beberapa wilayah yang menjadi wilayah baru terdampak banjir seperti di Desa Sidaresmi ini. Dari data yang kita miliki baru kali ini Desa Sidaresmi terendam banjir,” tegasnya.

Baca Juga :   Diguyur Hujan Seharian, Sawah di Banjarsari Terendam Air

Kemudian, ia mengatakan bahwa pihaknya akan segera menetapkan daerah yang dikenal sebagai kota wali masuk kategori tanggap darurat bencana,

“Kemungkinan besok kita keluarkan wilayah tanggap darurat bencana yang akan ditandatangani Bupati,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati