Realisasi Belanja dalam Negeri Pemprov Jateng Capai Rp3,96 Triliun

Mitrapost.com – Realisasi belanja dalam negeri Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mencapai Rp3,96 triliun di tahun 2023.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Ratna Kawuri menyebut pencapaian ini merupakan hal yang luar biasa. Sebab nilai komitmen penggunaan produk dalam negeri sebelumnya ditetapkan sebesar Rp4,03 triliun. Artinya capaian tersebut sudah mencapai 98,24% dari komitmen.

“Nilai itu merupakan capaian yang luar biasa,” ujarnya.

Pemprov Jateng, jelasnya, memang berkomitmen untuk menggunakan produk dalam negeri pada belanja barang atau jasanya. Berbagai upaya pun dilakukan mulai dari melakukan edukasi, sosialisasi, hingga memfasilitasi kepada para produsen, utamanya para UMKM.

Para UMKM pun diharapkan memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Baca Juga :   Jateng Proyeksikan Mampu Capai Target Ekspor Tahun Ini

“Ada beberapa tingkatan ataupun tahapan untuk memeroleh sertifikasi TKDN. Kalau itu industri besar, menengah, mungkin mereka bisa secara mandiri apply.  Tetapi kalau yang kecil, itu masih membutuhkan fasilitasi atau bahkan intervensi,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati