Berikut Jenis Makanan yang Mengandung Prebiotik

Mitrapost.com – Prebiotik merupakan nutrisi yang berguna menjaga kesehatan usus, serta melancarkan proses pencernaan. Nutrisi ini merupakan makanan bagi bakteri baik yang menghuni usus manusia untuk mamastikan organ pencernaan tetap sehat.

Selain didapat dari suplemen, ternyata prebiotik juga dapat ditemukan di bahan-bahan makanan yang mudah ditemukan di rumah. Beberapa makanan mengandung serat larut yang dalam makanan tertentu menawarkan manfaat prebiotik.

Penasaran apa saja bahan makanan yang mengandung prebiotik? Simak penjelasannya berikut ini!

Bawang merah

Bawang merah dan bawang Bombay mengandung inulin serta sejenis karbohidrat yang disebut fructooligocharida, atau FOS. Bentuk karbohidrat ini dapat digunakan sebagai alternatif gula rendah kalori dan juga berfungsi sebagai prebiotik. Selain mengandung prebiotik, bahan ini juga mengandung antioksidan.

Baca Juga :   Khasiat Seledri, Bisa Tingkatkan Kesuburan

Bawang putih

Bawang putih bermanfaat bagi usus. Sebuah penelitian mencatat bagaimana bawang putih berfungsi sebagai prebiotik dengan mendukung pertumbuhan bakteri usus baik, serta mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya di organ tersebut. Dengan kemampuan tersebut, bawang putih direkomendasikan untuk dicampur dalam makanan harian Anda.

Pisang

Pisang bisa menjadi camilan yang berfungsi sebagai prebiotic. Ini karena pisang tidak hanya berisi sumber serat, vitamin, dan mineral, nanum juga mengandung pati resisten. Menurut penelitian, pati resiten tertinggi ada pada pisang yang masih hijau dan memiliki efek prebiotik. Anda juga bisa mengolahnya menjadi smoothie segar.

Apel

Apel mengandung prebiotik, berasal dari pektin yang memiliki sumber serat larut dan berfungsi sebagai prebiotik. Pektin dapat meningkatkan jumlah butirat di usus Anda yang akan memberi makan bakteri bermanfaat dan mengurangi jumlah bakteri jahat di usus.

Baca Juga :   Berapa Kali Harus Ganti Pembalut?

Kacang polong

Dengan banyaknya varietas yang dapat dipilih dalam kategori ini, kacang-kacangan tersebut merupakan sumber serat dan prebiotik yang baik. Sebuah penelitian mencatat bahwa konsumsi kacang polong secara teratur menyebabkan perbaikan mikrobioma usus. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati