Manfaat Konsumsi Ikan secara Rutin

Mitrapost.com – Jenis ikan kaya lemak sehat, seperti makarel, tuna hingga sarden memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tinjauan tahun 2021 menemukan bahwa peningkatan konsumsi ikan dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung dan penurunan risiko kematian.

Ikan memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, jenis makanan ini rendah kalori, bebas karbohidrat, dan tinggi asam lemak omega-3 (PUFA), yang dapat meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat konsumsi rutin ikan.

Menjaga kesehatan otak dan jantung

Ikan tuna, sarden dan makarel kaya dengan Omega-3 yang mendukung fungsi otak hingga mengurangi peradangan. Asam lemak Omega-3 adalah nutrisi penting yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh, tetapi memiliki manfaat yang kuat dalam melawan peradangan kronis dan menjaga kesehatan otak dan jantung.

Baca Juga :   6 Jenis Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Lemak omega-3 membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan trigliserida, dan mencegah detak jantung tidak teratur. Menurut rekomendasi, lebih baik konsumsi satu porsi ikan berlemak satu hingga dua kali seminggu.

Menurunkan berat badan

Ikan nila rendah kalori, sehingga menjadi menu yang cocok untuk menurunkan berat badan. Selain itu, ikan juga sumber protein sehingga dapat memuaskan rasa lapar dan mencegah nafsu makan berlebihan. Protein merupakan makronutrien yang paling mengenyangkan dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak.

Menjaga kesehatan tulang

Ikan berlemak sehat merupakan sumber alami vitamin D, nutrisi penting untuk kesehatan tulang, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan kesejahteraan secara keseluruhan. Vitamin D tidak diproduksi oleh tubuh, melainkan didapat dari sinar matahari maupun makanan, seperti susu maupun ikan.

Baca Juga :   Berikut Jenis Cacing Parasit yang Bisa Hidup di Tubuh Manusia

Menjaga metabolisme tubuh

Ikan air asin, seperti bandeng, kakap, tongkol dan lainnya merupakan sumber yodium yang sangat baik. Mineral ini penting untuk fungsi kesehatan metabolisme. Selain mengontrol nafsu makan dan sistem kekebalan tubuh, yodium berperan penting dalam fungsi tiroid.

Ikan sangat serbaguna

Ikan mudah diolah dengan beragam cara, mulai dipanggang, direbus, ditumis hingga digoreng. Ikan juga mudah ditemui di toko, pasar, dan supermarket dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan daging. Meski demikian, nutrisinya sangatlah tinggi. (*)