Cegah Penularan pada Bayi, DPRD Pati Dukung Tes HIV/AIDS untuk Ibu Hamil

Pati, Mitrapost.com – Masyarakat Pati diimbau tetap waspada dengan terhadap Human Imunodefisiensi Virus-Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS), khususnya bagi ibu hamil. Pasalnya, ibu hamil yang menderita penyakit tersebut tersebut rentan menularkan virus kepada janin di dalam kandungan.

Sebagai upaya pencegahan penularan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati mendukung penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) tes HIV pada ibu hamil di seluruh puskesmas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati.

“Saya mendukung pelaksanaan program pencegahan HIV/AIDS Puskesmas yang telah menerapkan SOP Test HIV,” ucap Muntamah, anggota DPRD Pati Komisi D.

Menurutnya, program tersebut digerakkan dengan harapan mencegah potensi penularan HIV/AIDS dari ibu ke anak yang baru lahir. Selain itu, upaya ini juga dapat mengurangi angka kematian pada anak dan ibu di Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Tarik Minat Anak Muda, Dewan Pati Usulkan Dispertan Adakan Lomba Pertanian

Lebih lanjut, pihaknya juga mengimbau masyarakat, khususnya ibu hamil untuk melakukan tes HIV ke puskesmas terdekat. Ia juga berharap Dinas Kesehatan turut memonitor kondisi ibu hamil yang telah melakukan tes tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati