Tanda-tanda Kekurangan Zat Besi dalam Tubuh

Mitrapost.com – Zat besi merupakan mineral yang mengalir melalui pembuluh darah, memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen dan menjaga tingkat energi. Zat tersebut juga merupakan dasar untuk produksi hemoglobin, komponen penting dari sel darah merah.

Tanpa zat besi yang cukup, tubuh kita tidak dapat memproduksi cukup sel darah merah yang sehat, sehingga menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai anemia defisiensi zat besi. Kondisi ini dapat menyebabkan kelelahan, lesu, dan berkurangnya kemampuan untuk fokus.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa tubuh Anda mengalami defisiensi zat besi.

Mudah merasa lelah

Salah satu tanda kekurangan zat besi adalah rasa lelah atau kelelahan yang tidak biasa. Gejala ini muncul karena tubuh Anda bergantung pada zat besi untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang memungkinkannya membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Ketika kadar zat besi rendah, tubuh akan kesulitan mengangkut oksigen yang cukup ke jaringan dan organ, sehingga menyebabkan rasa lelah yang terus-menerus.

Sering kedinginan

Mereka yang tidak memiliki kecukupan zat besi mungkin merasa kedinginan pada tangan dan kaki. Produksi hemoglobin berperan penting dalam transportasi oksigen yang memengaruhi pengaturan suhu internal tubuh.

Kualitas tidur rendah

Kadar zat besi yang cukup dalam tubuh membantu memproduksi serotonin dan dopamine. Keduanya merupakan neurotransmiter yang mengatur siklus tidur. Data menunjukkan kekurangan zat besi dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih rendah, dan gangguan pernapasan saat tidur.

Mengalami kecemasan

Kekurangan zat besi juga dapat dikaitkan dengan peningkatan kecemasan. Zat besi sangat penting untuk mendukung kesehatan otak, yang akan mempengaruhi sintesis neurotransmitter dan fungsi otak. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati