Berikut Gambaran 6 Siksa Kubur dalam Hadits

SMJTimes.com – Sebagai umat Islam, kita tentu mengimani adanya alam kubur setelah kematian. Di alam sana, manusia akan diberi ganjaran berupa nikmat kubur atau siksa kubur sesuai dengan amal ibadah di dunia.

Alam kubur ini juga tercantum dalam surat Yasin ayat 52,

قَالُوْا يٰوَيْلَنَا مَنْۢ بَعَثَنَا مِنْ مَّرْقَدِنَا ۜهٰذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمٰنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُوْنَ ٥٢

Artinya: “Mereka berkata, ‘Celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?’ (Lalu, dikatakan kepada mereka), ‘Inilah yang dijanjikan (Allah) Yang Maha Pengasih dan benarlah para rasul(-Nya)’.”

Menurut beberapa ulama, jasad akan diberikan pertanyaan oleh malaikat Munkar dan Nakir tanpa ruh. Namun, sebagian ulama juga menyatakan bahwa pertanyaan kubur akan diberikan kepada ruh dengan jasadnya. Pendapat ini dikemukakan oleh Ibnu Masrah dan Ibnu Hazm.

Baca Juga :   Apa Saja Bulan Haram Menurut Islam?

Bagi mereka yang beriman kepada Allah SWT akan diberikan nikmat kubur. Sebaliknya, mereka yang ingkar akan mendapatkan siksa kubur.

Diberi alas dari api neraka

Sebagaimana yang diterangkan dalam sebuah hadits, “Gelarkanlah untuknya alas tidur dari api neraka, dan bukakanlah untuknya sebuah pintu ke neraka. Maka panas dan uap panasnya mengenainya.” (HR Ahmad, An Nasa’i, Ibnu Majah, dan Al Hakim).

Ditunjukkan amalan buruk

Rasulullah SAW bersabda, “Datanglah kepadanya seseorang yang jelek wajahnya, jelek pakaiannya, dan busuk baunya. Dia berkata, ‘Bergembiralah engkau dengan perkara yang akan menyiksamu. Inilah hari yang dahulu engkau dijanjikan dengannya (di dunia).’ Maka dia (orang yang mendapat azab kubur) bertanya, ‘Siapakah engkau? Wajahmu adalah wajah yang datang dengan kejelekan.’ Dia menjawab ‘Aku adalah amalanmu yang jelek.’