Berikut Gambaran 6 Siksa Kubur dalam Hadits

“Maka dia (orang yang mendapat azab kubur) berkata, ‘Wahai Rabbku, jangan engkau datangkan hari kiamat’ (Karena ia tahu kesudahannya adalah di neraka)’,” (HR Ahmad, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Al Hakim).

Disempitkan kubur

Dalam hadist riwayat Ahmad, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Al Hakim, “Lalu disempitkan kuburnya sampai tulang-tulang rusuknya berhimpitan,” (HR Ahmad, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Al Hakim).

Didatangi 77 ular

Sebagaimana dalam sebuah hadits yang berbunyi, “Demi Tuhan, yang jiwaku berada dalam genggaman tangan-Nya, sesungguhnya orang kafir itu di alam kuburnya nanti akan dibelit oleh 77 tinin. Tahukah kalian, apakah tinin itu? Tinin adalah tujuh puluh tujuh ular, di mana tiap-tiap ular mempunyai tujuh kepala, yang semuanya akan menjalar di tubuh orang kafir dan menyalakan api untuknya, serta mematuknya hingga datangnya hari kiamat,” (HR Ibnu Hibban).

Baca Juga :   Apa Saja Bulan Haram Menurut Islam?

Dipukul palu besi

Dari Anas RA, Nabi SAW bersabda, “Adapun orang kafir atau munafik maka kedua malaikat tersebut bertanya kepadanya, ‘Apa jawabanmu tentang orang ini (Rasulullah SAW)?’ Dia mengatakan, ‘Aku tidak tahu. Aku mengatakan apa yang dikatakan orang-orang.’ Maka kedua malaikat itu mengatakan, ‘Engkau tidak tahu? Engkau tidak membaca?’ Kemudian ia dipukul dengan palu dari besi tepat di wajahnya. Dia lalu menjerit dengan jeritan yang sangat keras yang didengar seluruh penduduk bumi, kecuali dua golongan yaitu jin dan manusia,” (Muttafaqun ‘alaih).

Ditunjukkan pemandangan neraka

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya apabila salah seorang di antara kalian mati maka akan ditampakkan kepadanya calon tempat tinggalnya pada waktu pagi dan sore. Bila dia termasuk calon penghuni surga,maka ditampakkan kepadanya surga. Bila dia termasuk calon penghuni neraka maka ditampakkan kepadanya neraka, dikatakan kepadanya. ‘Ini calon tempat tinggalmu, hingga Allah SWT membangkitkanmu pada hari kiamat’,” (Muttafaqun ‘alaih). (*)