Video : Warga Pati Juga Ramai Keluarkan Zakat Maal Di Bulan Ramadhan

Pati, Mitrapost.com Di bulan Ramadhan yang penuh berkah, selain zakat fitrah warga Kabupaten Pati juga ramai yang menyalurkan zakat maal atau zakat atas harta yang dimiliki.

“Tahun ini zakat maal sudah banyak dari masyarakat. Kebanyakan muslim perhitungannya di bulan Ramadhan, karena menurut hadis sendiri di bulan Ramadhan kebaikannya akan dinaikan 10x lipat. Sehingga lebih suka di bulan Ramadhan,” jelas Ketua Pengurus Lazismu Pati, Wahid Hidayat pada Jumat (22/5/2020).

Zakat maal (harta) adalah zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki oleh individu dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan secara hukum islam.

Dari hasil zakat maal, nantinya akan diberikan kepada 8 golongan yang wajib diberikan zakat baik dalam bentuk zakat konsumtif dan zakat produktif.

Baca Juga :   Video : KKB Papua Rusak Fasilitas Perumahan Nakes Hingga Bangunan Sekolah

“Bentuknya beda-beda ada yang sifatnya dijadikan zakat konsumtif (bahan pokok) atau kebutuhan primer,”

“Ada juga yang model penyalurannya zakat produktif. Kita berikan kepada orang kurang mampu yang masih muda, produktif, atau masih bisa bekerja. Bentuknya berupa modal usaha, bisa juga bentuknya pinjaman tanpa bunga atau bisa kita belikan alat usaha. Seperti penjual kelapa muda yang di depan ini, kita belikan grobak,” sambung Wahid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati

Komentar