oleh

26 Santri Positif Covid-19 Dikarantina di Pondok, Dewan Pati Harap Pemkab Beri Bantuan Logistik

Pati, Mitrapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah, berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati memberikan bantuan logistik kepada santri yang dikarantina di salah satu pondok pesantren (Ponpes) di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso.

“Seharusnya Pemda memberikan bantuan logistik makanan agar kesehatannya menjadi lebih baik,” ujar anggota dewan yang duduk di Komisi D kepada Mitrapost.com, Selasa (118/2020).

Adanya bantuan logistik, diharapkan kebutuhan nutrisi akan tercukupi. Sehingga imunitas tubuh meningkat dan dapat terbebas dari virus corona.

Diketahui, terdapat 26 santri salah satu Ponpes di Desa Kajen menjalani karantina diponpes. Mereka dinyatakan terjangkit Covid-19 setelah menjalani swab massal dengan 71 santri lainnya pada Rabu (5/8/2020) dan mendapat hasil pemeriksaan pada Minggu (9/8/2020) siang.

Baca juga: Dua Anggota DPRD Jepara Terkonfirmasi Positif Covid-19

Mereka dikarantina di Ponpes karena Hotel Kencana yang digunakan sebagai rumah karantina tidak memiliki kapasitas yang cukup.

“Saat ini yang sangat perlu dan dibutuhkan bantuan logistik makanan bagi santri yang hasil swabnya positif. Tidak dikarantina di hotel, tetapi dikarantina di pondok. Karena Hotel Kencana penuh,” tuturnya.

Meskipun ada santri yang positif Covid-19, Ia mengungkapkan Satgas Jogo Santri telah menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Maka dari itu, menurutnya swab massal di pondok pesantren tidak diperlukan apabila tidak ada indikasi adanya santri lainnya yang terjangkit virus corona.

“Jika pondok lain tidak ada indikasi dan sudah melakukan protokol kesehatan memang tidak perlu (swab massal). Saat ini Satgas Jogo Santri melakukan menjagaan sangat ketat. Akses keluar masuk pondok ditutup kecuali hanya urusan logistik dan kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pati Haryanto mengatakan pihaknya sudah mencoba memfasilitasi pondok pesantren yang digunakan untuk karantina. (ADV/UH/AZ/SHT).

Baca juga:

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed