oleh

DPRD Pati Minta Bansos Covid dari Dana APBD Segera Dicairkan

Pati, Mitrapost.com Pemerintah Kabupaten Pati terus memberikan bantual sosial (bansos) kepada masyarakat sebagai salah satu langkah penanganan covid-19. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama pun telah disalurkan dan akan disusul dengan tahap kedua. Akan tetapi lain dengan pemerintah desa, di tingkat kelurahan secara regulasi tidak bisa mengalokasikan dana kelurahan untuk meng-cover bansos BLT DD. Sebagai gantinya, warga Pati perkotaan saat ini sedang menantikan pencairan dana bansos yang diambil dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Muntammah,  mendorong Pemerintah Kabupaten untuk segera mencairkan bantuan yang bersumber dari dana APBD yang sudah dianggarkan.

“Kelurahan itu kan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) nya pemerintah dan (bansosnya) harus dari APBD. Kalau misalnya kelurahan itu tidak ada Dana Desa, maka APBD harus diperhatikan oleh Pemkab. Harus segera dicairkan yang dari sumber dana desa sudah cair,” ungkapnya kepada Mitrapost.com pada Senin (27/7/2020).

Baca juga: Tak Bisa Dapatkan BLT DD, Kelurahan Pati Kidul Nantikan Bantuan APBD

Sebab, lanjut Muntamah, antara warga desa dan kelurahan memiliki hak yang sama. Sama-sama terdampak covid dan Pemkab harus hadir ditengah keduanya.

“Punya hak yang sama baik masyarakat di kelurahan dan desa, Pemkab ya harus membuat kebijakan di masyarakat yang terdampak. Bila seseorang terdampak covid, negara harus hadir untuk pemberdayaan ekonomi,” urainya.

Baik warga di kota maupun di desa sebenarnya sama-sana merasakan adanya penurunan pendapatan akibat dampak negatif pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), namun fakta di lapangan mengatakan masyarakat di perkotaan terbukti lebih merasakan di banding warga desa. Idealnya perlu adanya optimalisasi terhadap ekonomi masyarakat yang terdampak lebih besar.

“Masyarakat yang terdampak di kelurahan juga harus dicairkan (dananya). Itu ya kebijakan pemerintah kabupaten,” pungkas Muntamah. (Adv/MA/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed