Akhiri Hari dengan Doa yang Diajarkan Rasulullah

Mitrapost.com Dalam Islam diajarkan agar sebelum dan mengakhiri aktivitas selalu disertai dengan membaca doa. Mengakhiri aktivitas pada rutinitas harian pun hendaknya disertai dengan berdoa.

Berikut bacaan doa yang dibaca Rasulullah dalam sebuah hadis yan diriwayatkan oleh Imam Muslim:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا وَفِى بَصَرِى نُورًا وَفِى سَمْعِى نُورًا وَعَنْ يَمِينِى نُورًا وَعَنْ يَسَارِى نُورًا وَفَوْقِى نُورًا وَتَحْتِى نُورًا وَأَمَامِى نُورًا وَخَلْفِى نُورًا وَعَظِّمْ لِى نُورًا

 

Allahummajal fi qalbi nuran, wa fi bashari nuran, wa fi sam’i nuran, wa an yasari nuran, wa fauqi nuran, wa tahti nuran, wa amami nuran, wa khalfi nuran, wa addhim li nuran.

“Ya Allah, jadikanlah dalam hatiku cahaya, dalam penglihatanku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, di sisi kananku cahaya, di sisi kiriku cahaya, di atasku cahaya, di bawahku cahaya, di depanku cahaya, di belakangku cahaya, dan agungkan cahaya untukku.”

Selain berdoa, pada malam hari umat Islam juga disunnahkan untuk melaksanakan salat malam. Terlebih di waktu sepertiga malam dimana Allah akan mengabulkan doa-doa para hambanya.