Dispertan Pati Akan Lakukan Beberapa Skenario Tanggulangi Anjloknya Harga Kacang Hijau

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian (Dispertan Pati) mengungkapkan, lahan produksi kacang hijau di musim ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Kendati demikian, harganya makin anjlok.

“Di tahun 2019 lalu, lahan kacang hijau kita ada 5.392 hektar, tahun ini kita meningkat penanaman 11.251 di seluruh Pati. Sedangkan lahan yang paling luas ada di Gabus sekitar 2.780 hektar, disusul  Tambakromo, Winong, dan Jakenan. Dengan produktivitas 17 ton per hektar,” kata Gunawan, Kabid (Kepala Bidang) Penyuluhan dan Informasi Dinas Pertanian Kabupate Pati, Senin (24/8/2020).

Gunawan mengungkapkan, sebenarnya angka kebutuhan kacang hijau di Pati masih tinggi, namun karena petani di Pati terburu-buru menjual panen kacangnya, para pembeli berani menawar dengan harga murah.

Baca Juga :   Dewan Pati Sarankan Dispertan Dorong Perintis Usaha Tani Muda

“Di bulan Juli padahal harganya masih Rp 16.500, tapi sekarang sekarang turun hingga Rp 12.500, yang Rp 11 ribu juga ada. Petani kita kan selalu tidak sabar. Kalau ada pembeli langsung dilepas,” ungkap Gunawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati