oleh

Dalam Penyaluran Bansos Pekerja, Dewan Pati Imbau Pemkab Verifikasi Wajib Pajak

Pati, Mitrapost.com Ketua Fraksi NKRI Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Narso, mengimbau pemerintah kabupaten agar dalam penyaluran bansos subsidi gaji di BPJS Ketenagakerjaan nanti dilakukan verifikasi. Yakni verifikasi terkait karyawan terkena kewajiban bayar pajak penghasilan,  sebagai salah satu langkah menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Pati.

“Bagi Pemerintah Kabupaten juga bisa mencermati dari daftar di BPJS Ketenagakerjaan. Berapa dari mereka pasti yang terdaftar di kantor pajak dan terkena PPh (pajak penghasilan),” kata Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah itu kepada Mitrapost.com, Senin (14/9/2020).

“Kalau bisa mencermati ini, ada bagi hasil dari pajak penghasilan itu untuk daerah. Kalau jeli melihat ini maka bisa meningkatkan pendapatan asli daerah. Bisa dilalui melalui BPJS ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Diketahui bahwa, PPh karyawan kurang terserap maksimal disebabkan berbagai faktor. Dominannya pemilik perusahan tidak mendaftarkan karyawannya ke kantor pajak atau karyawan sudah terdaftar namun menunggak pembayaran pajaknya.

Baca juga: Ada Kemungkinan Subsidi Gaji Diperpanjang Hingga 2021

Dengan melihat data di BPJS Ketenagakerajaan, secara otomatis status karyawan yang sudah terdaftar di kantor pajak akan mudah diketahui, yang selanjutnya dilakukan penertiban.

“Karena apa, mereka yang didaftarkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), punya konsekuensi  jika sudah berpenghasilan ya kena pajak. Maka nanti daerah itu juga dapat bagi hasil dengan demikian bisa meningkatkan PAD,” jelas Narso.

Untuk menaikkan PAD, berbagai langkah harus dilakukan, mengingat dampak covid-19 yang mewabah sejak Maret kemarin. Di triwulan kedua PAD Pati hanya teralisasi 76,78 % dari target, atau  secara nominal terealisasi 207 milliar dari target 270 milliar.

Belum lagi Pemkab harus dihadapkan dengan kewajiban melakukan refocussing anggaran di beberapa sektor untuk penanganan dampak Covid-19 yang masih mewabah hingga di kenormalan baru. (ADV/MA/UP/SHT)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed