oleh

Pemkab Grobogan Sebut Ada 2 Opsi untuk Menyalakan Kembali Api Abadi

Grobogan, Mitrapost.com Pemerintah Kabupaten Grobogan menyebut ada dua opsi rencana untuk menyalakan kembali Api Abadi Mrapen.

“Pertama dengan mencari lokasi sumber gas baru di dekat lokasi Api Abadi Mrapen yang kemudian akan dialirkan ke lokasi,” ujar Kasi Energi Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah Wilayah Kendeng Selatan, Sinung Sugeng Arianto dikutip dari laman Pemrintah Provinsi Jawa Tengah, Senin (5/10/2020).

Sedangkan opsi yang kedua yaitu dengan menutup semburan air dari pengeboran sumur yang sebelumnya ditengarai sebagai penyebab padamnya Api Abadi Mrapen.

Dari lokasi pengeboran sumur yang berjarak sekitar 150 meter di sebelah utara Api Abadi Mrapen tersebut, muncul semburan air setinggi 50 meter.

Baca juga: Api Abadi Mrapen Padam Total, Diduga Disebabkan Aktifitas Pengeboran

Semburan itu akhirnya bisa terhenti setelah warga dan pihak desa menutup lokasi semburan dengan koral. Namun air dan gas masih merembes keluar dari bekas titik pengeboran sumur.

“Saat ini kami mengecek dan memetakan titik-titik sumber gas dan kami masih mengkaji (apakah ada keterkaitan atau tidak). Api Abadi Mrapen padam karena tak ada lagi suplai gas.”

“Api abadi itu kan di retakkan, pada 1990-an pernah menurun (volume api dan gasnya) tetapi tidak sampai sepenuhnya padam, kemudian di bor di sekitarnya,” jelas Sinung.

Dari pengecekan awal yang dilakukan, Sinung mengaku tidak mencium bau gas dari Api Abadi Mrapen. meski demikian, pihaknya masih akan melakukan penelitian lebih lanjut terkait fenomena tersebut.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Grobogan Haerudin berharap, padamnya Api Abadi Mrapen tidak berlangsung lama.

Menurutnya, keberadaan Api Abadi Mrapen selama ini sudah jadi ikon internasional. Selama ini, api tersebut sudah seringkali diambil untuk sumber api obor even olahraga maupun acara keagamaan.

“Saat ini, dinas terkait masih melakukan kajian terkait padamnya Api Abadi Mrapen ini. Kita harapkan, masalah ini bisa segera tertangani dan Api Abadi Mrapen bisa kembali menyala. Dari Pemkab Grobogan tentunya akan memberikan dukungan penuh,” ujarnya. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Jatengprov.go.id dengan judul ‘Api Abadi Mrapen Akan dihidupkan Kembali‘.

Komentar

News Feed